TIPS MENJADI PEMIMPIN

Mau jadi pemimpin? Ini beberapa tips yg mungkin berguna bagi anda:

    1. Menjadi Pemimpin adalah Pilihan untuk Melayani bukan Ambisi untuk Berkuasa. JANGAN fokus pada KEKUASAAN karena Kekuasaan tidak pernah abadi. Pemimpin yg baik adalah Pekerja yg memiliki kerendahan hati untuk melayani. Belajar dulu jadi pelayan yang baik! Bahkan dalam Pelayanan sekalipun anda harus memiliki Visi & Misi yg jelas yg dapat dengan mudah dimengerti oleh setiap kalangan di setiap tingkatan sosial masyarakat. Pastikan sebanyak mungkin orang paham mengenai Visi Pelayanan anda supaya dapat menggalang kekuatan dukungan semaksimal dan se-efisien mungkin.

  1. Ukurlah kekuatanmu dengan jujur! Seberapa besar dukungan yang kamu miliki? Berapa banyak orang yg bersedia untuk mendukungmu tanpa pamrih dan berapa lama mereka mampu bertahan dalam pelayanan? Kualitas kepemimpinanmu dapat diukur dari jumlah pendukungmu hari ini bukan hari esok ketika kamu sudah berkuasa!
  2. Jadilah diri sendiri, jangan pernah berpura-pura dalam berperilaku dan jangan pernah meng-copy atau bahkan meng-claim pekerjaan/ inisiatif orang lain karena pada akhirnya kebenaran akan terungkap juga. Be Original & Be Unique!
  3. Bersikaplah Dewasa! Kedewasaan tidak datang krn usia biologis bertambah, tetapi melalui Pilihan untuk mau memikul Tanggung Jawab. Bangunlah Integritas. Esensi dasarnya adalah Kejujuran. Biarlah orang mengenal kamu karena pekerjaan/ pelayananmu, bukan dengan jalan mempromosikan dirimu sendiri melalui berbagai bentuk media. Bekerjalah dengan Passion, bukan dengan Emosi. Hindarilah ‘pertunjukan emosi’ yg berlebihan seperti marah2, ancam-mengancam, menangis atau bahkan tertawa terbahak-bahak!
  4. Sedapat mungkin hindari pekerjaan ganda/ Multi-tasking dan fokuslah pada satu pelayanan ke pelayanan berikutnya; Pilihlah pekerjaan-pekerjaan yg hasilnya dapat diukur dan bersifat tangible serta dapat dinikmati oleh masyarakat banyak;
  5. Berbicaralah dengan gaya bahasa yang sederhana, simple dan mudah untuk dimengerti banyak orang. Jangan buka ruang interpretasi dan asumsi.
  6. Jangan mudah menyerah dan jangan pernah lari dari masalah. Usahakanlah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sampai tuntas sebelum lanjut ke pekerjaan lain;
  7. Bersikaplah obyektif dalam segala hal. Jangan membedakan orang berdasarkan suku, agama, ras maupun golongan-nya tetapi bersikaplah berdasarkan integritas dan akuntabilitas atas apapun dan siapapun.