Home

PARADIGMA BARU

Dunia saat ini menuntut paradigma baru pembangunan yang mengarah kepada Sustainable Development atau pembangunan yang berkelanjutan, yang menuntut keseimbangan antara perlindungan dan pelestarian lingkungan, stabilisasi populasi dunia dan memperkecil jurang antara si kaya dan si miskin serta menghapus kemiskinan dari permukaan bumi (Sachs, 2008).

Setiap wilayah, baik itu dalam konteks negara ataupun daerah, berkompetisi untuk membangun. Kompetisi terjadi di pasar, di sektor teknologi, keahlian (skills) dan investasi. Negara/ daerah berkompetisi untuk bertumbuh dan meningkatkan standar kehidupannya. Ini adalah salah satu konsekwensi nyata globalisasi (Vietor, 2007).

Pembangunan suatu wilayah menuntut terciptanya daya saing unggulan berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantages) yang dapat membuat wilayah tersebut bersaing untuk tetap dapat secara konsisten membangun tingkat kemakmurannya serta mempertahankannya. Inilah esensi dari pembangunan: Bertumbuh!

Pertumbuhan bukan saja tantangan pembangunan suatu wilayah, tetapi juga setiap organisasi yang berada di dalamnya, baik itu organisasi pemerintahan, pendidikan maupun organisasi usaha. Pertumbuhan juga merupakan esensi dari visi dan misi setiap organisasi.

Sebagai suatu wilayah yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi global, Maluku juga menghadapi tantangan pembangunan yang sama. Gejolak yang terjadi di tingkat global saat ini, seperti krisis energi dan krisis pangan, memiliki dampak langsung kepada proses pembangunan di Maluku, baik dampak positif maupun dampak negatif. Kemampuan Maluku dalam kecepatan beradaptasi terhadap perubahan dapat memposisikan gejolak tersebut menjadi suatu peluang usaha. Sebaliknya, ketidakmampuan beradaptasi terhadap perubahan dapat menimbulkan chaos. Oleh karena itu Maluku memerlukan suatu strategi pembangunan ekonomi yang memiliki fleksibilitas dan kemampuan dalam beradaptasi terhadap lingkungan eksternalnya.

Kondisi Geografis Maluku – Tantangan Pembangunan atau Peluang?

Sebagai wilayah maritim yang terdiri dari ratusan pulau, Maluku dihadapkan oleh paradigma tantangan pembangunan yang besar, khususnya pada aspek transportasi yang merupakan konsekwensi alamiah dari kondisi geografis Maluku, sehingga seringkali mengakibatkan ekonomi biaya tinggi.

Di lain pihak, Maluku memiliki banyak sekali First Nature Advantages, seperti sumber daya keluatan, sumber daya perkebunan dan pertanian serta sumber daya energi dan mineral yang merupakan untapped wealth.

Kedua paradigma di atas seharusnya dapat dipadukan oleh suatu metodologi pembangunan ekonomi yang berwawasan wilayah yang dapat merubah tantangan pembangunan tersebut menjadi strategic initiatives yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Maluku seperti sistem Clustering.

Sejak pertama kali dibangun (tahun 2006), ADVANCE MALUKU selalu konsisten dalam mengedepankan konsep pembangunan ekonomi rakyat dengan pendekatan Klaster Industri. Hal ini diperkuat dengan diproduksinya dokumen “Blueprint Pembangunan Ekonomi Wilayah Kepulauan Dengan Pendekatan Klaster Industri Berbasis Masyarakat” pada tahun 2008. Dokumen inilah yang kemudian kami jadikan Guiding Principles kami dalam membangun berbagai inisiatif strategis di Maluku.

 

About Us

ADVANCE MALUKU didirikan dan dibentuk sebagai suatu Strategic Working Group pada tahun 2006 di kota Ambon, Maluku dengan beranggotakan 12 orang yang sebagian besar berlatar belakang sebagai dosen di Universitas Pattimura.

Tujuan utama dari dibentuknya ADVANCE MALUKU adalah untuk membangun kapasitas dan kompetensi generasi masa depan Maluku dalam bidang Manajemen Strategi, Manajemen Program & Proyek serta Manajemen Pembangunan dan Pengembangan Industri di berbagai tingkatan.

Dalam perjalanannya, ADVANCE MALUKU  berkembang menjadi suatu Kelompok Kerja yang beranggotakan anak-anak muda Maluku dari berbagai latar belakang disiplin ilmu yang memiliki semangat yang sama yaitu “Katong Bisa“.

  • Sesi rapat kerja/ diskusi Tim ADVANCE MALUKU

FOKUS UTAMA KAMI

Fokus utama ADVANCE MALUKU adalah pada sektor Industri Berbasis Komunitas Masyarakat karena kami sungguh percaya bahwa wilayah / daerah / negara yang kuat dan kompetitif adalah wilayah/ daerah/ negara yang memiliki industri berbasis masyarakat yang kokoh dan berdaya saing unggulan berkelanjutan.

Motto utama ADVANCE MALUKU adalah THINK > INNOVATE > DELIVER. Motto ini secara umum menggambarkan karakter ADVANCE MALUKU dalam membangun dan menjalankan setiap inisiatif strategis-nya selama ini.

Inovasi merupakan faktor kunci utama dalam membangun inisiatif unggulan. Tetapi inovasi tanpa dibarengi dengan efisiensi dan produktivitas tidak akan dapat menghasilkan inisiatif unggulan yang berdaya saing. Oleh karena itu setiap inisiatif yang dihasilkan oleh ADVANCE MALUKU pada umumnya bersifat Value Innovative Solutions, yaitu solusi yang inovatif dan berdaya saing unggulan yang bekelanjutan.

CORE COMPETENCIES

Kompetensi utama yang dimiliki oleh ADVANCE MALUKU mencakup:

  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Program & Proyek
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Teknologi Informasi & Komunikasi
  • Manajemen Industri
  • Manajemen e-Commerce

Investasi terbesar ADVANCE MALUKU terfokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia-nya. Hal ini dilakukan dalam berbagai bentuk pelatihan internal, kerjasama magang dan kerjasama usaha dengan berbagai mitra strategis, partisipasi dalam berbagai forum diskusi, seminar dan karya loka di tingkat lokal, nasional maupun internasional serta berbagai bentuk uji-coba teknologi dan proses yang melibatkan perangkat teknologi termuktahir.

OUR PORTFOLIOS

Sepanjang lebih dari 10 tahun perjalanan ADVANCE MALUKU, ada banyak inisiatif strategis yang telah dibangun oleh ADVANCE MALUKU, baik secara independen maupun melalui kerjasama strategis dengan berbagai mitra kerja yang tergabung ke dalam Jaringan Kolaboratif yang kami miliki.

Inisiatif Strategis yang kami bangun meliputi inisiatif yang bersifat sosial, bisnis, edukasi & pengembangan kapasitas dan kompetensi, serta inisiatif yang berfokus pada advokasi masyarakat dan kelembagaan.

Semua inisiatif strategis yang kami bangun berpijak pada motto: THINK > INNOVATE > DELIVER.

Berikut gambaran dari beberapa inisiatif strategis yang kami bangun selama kurun waktu 10 tahun:

PROGRAM NEGERI MANDIRI MALUKU

Program NEGERI MANDIRI MALUKU adalah Program Klaster Industri Berbasis Masyarakat yang dikonsepkan, dibangun dan diimplementasikan oleh ADVANCE MALUKU bekerjasama dengan berbagai institusi lokal, nasional maupun internasional.

GOSEPA
Salah satu pencapaian terpenting dari Program NEGERI MANDIRI MALUKU adalah terciptanya dan terbangunnya GOSEPA, yaitu bagan produksi multiguna yang didesain oleh Ir. Reico Siahainenia MSc, salah satu pimpinan dan pakar teknologi di dalam Tim ADVANCE MALUKU.

GOSEPA Adalah Multi-purpose Production Platform yang terbuat dari besi baja, yang digunakan untuk Budidaya Rumput Laut sekaligus juga untuk budidaya komoditas perikanan laut lainnya. GOSEPA juga bisa berfungsi sebagai Transit Platform bagi penyelam dan penikmat alam laut Maluku. Gosepa dapat berpindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Gosepa juga bersifat Semi-Submersible , memiliki kemampuan untuk ditenggelamkan sebagian lunasnya guna menjaga stabilitas Gosepa di tengah laut.

BUDIDAYA RUMPUT LAUT
Program pembangunan Klaster Industri Rumput Laut Berbasis Masyarakat dimulai dengan Uji Coba Budidaya, Pelatihan Kelompok Masyarakat, Pembentuan Kelompok Usaha Masyarakat bersama dengan Pemberian Modal Usaha sampai dengan proses budidaya rumput laut di lapangan.

  • Pelatihan Kelompok Masyarakat

PROGRAM KERJASAMA RUSSIA

Pada penghujung tahun 2006, ADVANCE MALUKU membangun kerjasama strategis dengan berbagai lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan sampai dengan korporasi di sektor industri Energi dan industri Retail  di Russia. Berbagai kerjasama yang dibangun tersebut melibatkan Pemerintah Propinsi Maluku, Universitas Pattimura dan Badan Usaha Milik Daerah seperti PT Bank Maluku dan PD Panca Karya.
Beberapa dari kerjasama yang dibangun pada tahun 2006 masih berjalan sampai dengan hari ini.

  • Pembangunan Kerjasama dengan perusahaan makanan ringan terbesar di Moskow.


PROGRAM KERJASAMA PENDIDIKAN

Selain kerjasama Russia, ADVANCE MALUKU juga membangun kerjasama dengan beberapa lembaga di negeri kincir angin, Belanda.
Kerjasama yang dibangun lebih berfokus pada kerjasama pendidikan. Selain itu ADVANCE MALUKU juga aktif berpartisipasi dalam beberapa forum internasional di Belanda seperti Pertemuan Kota-Kota se Dunia yang diadakan di Den Haag pada tahun 2008.

ADVANCE MALUKU juga membangun kerjasama pendidikan dengan beberapa industri besar di Indonesia yang ditujukan untuk memberikan peluang magang bagi mahasiwa tingkat akhir Fakultas Teknis Universitas Pattimura serta Program Dosen Magang.

  • Pembahasan Kerjasama Pendidikan dengan Prof Jan van Dalen dan Meinhard Gans dari Maastricht School of Management

 

THINK > INNOVATE > DELIVER

Dari “Membangun Dengan Hati” sampai “Katong Bisa!”

ADVANCE MALUKU adalah suatu lembaga yang unik. Sebagai Working Group yang mengambil posisi di antara For-Profit Corporation dan Civil Society Organization , ADVANCE MALUKU senantiasa berusaha untuk menyeimbangkan kepentingan peningkatan kesejahteraan rakyat dengan profitabilitas organisasi maupun setiap mitra strategis yang bekerjasama dengan kami.

CONTACT US

Untuk keterangan lebih lanjut tentang ADVANCE MALUKU dan bagaimana kami dapat membantu atau bekerjasama dengan  anda/ organisasi anda, silahkan isi form di bawah ini: